Kepala Perwakilan BI Buka Pelatihan Web dan SOP


Banda Aceh | Masjid Oman Al-Makmur

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh yang diwakili Deputi Pengembangan dan Pelatihan T. Amir Hamzah, hari ini membuka pelatihan Web Masjid dan SOP Hotel Syariah Al-Makmur yang diselenggarakan selam dua hari bertempat di ruang rapat Hotel Syariah Al-Makmur lantai dua. Selain peserta pelatihan dari unsur masjid dan hotel hadir dalam acara pembukaan tersebut Abu Ketua Umum Dewan Pengurus BKM Al-Makmur Dr. Tgk. H. M. Jamil Ibrahim, S.H., M.H, M.M., Ketua II (Dr. Drs. Tgk. H. Jufri Ghalib, S.H., M.H.)yang membidangi pelayanan Ibadah, Hukum dan Teknilogi Infimatika, Sekretaris Tgk. Taufik Almusawwar, dan Wakil Sekretaris Tgk. Irwan Faisal

Abu Ketua Umum dalam kata sambutannya pada acara pembukaan tersebut antara lain menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan perlengkapan aset / barang inventaris yang telah diberikan bank Indonesia kepada Masjid Almakmur dalam hal ini untuk kepentingan Hotel Syariah Al-Makmur dan BMT Al-Makmur dalam kerangka Program Pengembangan Ekonomi Berbasis Masjid. Selain dari pada itu ada beberapa paket bantuan yang telah dimatangkan bersama Bapak H. Zainal Arifin Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh sebelumnya diharapkan dapat berlanjut terutama bantuan sarana penambahan kamar Hotel Syariah Al-Makmur dan tindak lanjut operasional BMT.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa beliau merasa senang mendapat kesempatan silaturrahmi di masjid oman almakmur baru 6 bulan bertugas di Banda Aceh, bareng pak Arifin Lubis pindah ke Jakarta. Banyak informasi yang disampaikan kepada beliau oleh bapak H. Zainal Arifin tentang progam pengembangan ekonomi berbasis masjid yang telah dilaksanakan di Aceh, termasuk di Masjid Oman Al-Makmur. Beliau juga menyampaikan salam dari bapak Kepala BI karena tidak bisa hadir berhubung ada acara bersamaan dengan kegiatan Bapak Gubernur. Beliau juga mengatakan bahwa kehadirannya lebih ditekankan pada silaturrahmi supaya lebih akrap dan terasa nuansa ibadahnya. Kebijakan BI konsisten untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah dalam hal ini perikekonomian Aceh secara Umum, yang terfokus pada dayah, pesantren dan masjid. Peran masjid sangat strategis dan vital dalam mendorong pengembangan ekonomi umat selain sebagai tempat ibadah masjid juga dapat digerakkan untuk kegiatan-kegitan yang bernilai ibadah. Kita juga harus menjadi percontohan dalam mengembangkan aspek-aspek diluar kegiatan ibadah. Saya baru tahu bahwa di sini ada hotel masjid yang bisa berkontribusi untuk pembiayaan kegiatan masjid. Kata bapak Deputi T. Amir Hamzah.

Beliau memastikan bahwa Walaupun terjadi pergantian pimpinan, Bank Indonesia tetap konsisten terhadap program-program yang telah direncanakan, karen kita bekerja sudah by System. Dan In Syaa Allah tetap akan dilanjutkan, apalagi disini ada qanun yang menunjang pelaksanaan syariat Islam lebih baik. Maka di Aceh BI lebih fokus pada program ekonomi syariat selain banyak program program lain yang diselenggarakan oleh Bi. Walaupun ketersidiaan anggaran ada naik dan turun, namun terhadap apa yang telah disepakati / ditetapkan In Syaa Allah akan diteruskan. Tentang rencana masjid oman berikutnya yang sudah disampaikan kepada BI Insya Allah akan difasilitasi. Kita juga sudah menggalakkan parawisata halal yang dijalankan oleh UMKN. Dalam menutup kata sambutannya bapak Deputi T. Amir Hamzah mengharapkan kegiatan pelatihan ini dapat menunjang program dan mendukung usaha Hotel Syariah Al-Makmur.

Pada acara pelatihan tersebut konsultan tim IT BI yang dikomandani Mas Fajar, salah satu anggota tim pakar yang ikut menyampaikan materi Website, Kang Zaki disela-sela waktu break sambil ngopi sore langsung melakukan migrasi atau upgrading website hotel.masjidomanalmakmur.id sehingga layak sebagai sebuah website hotel komersial. Pada hari kedua pelatihan, Hari Kamis tanggal 1 April 2021 tim Mas Fajar berencana sharing ilmu kepada manager, penata keuangan dan front officer hotel secara face to face hingga mereka benar-benar mampu menguasai cara menjalankan dan memanfaatkan semua konten dan fasilitas yang telah terpasang pada website hotel.masjidomanalmakmur.id termasuk aplikasi keuangan jurnal.id