BKM Oman Almakmur Serahkan Piagam Penghargaan kepada H. Zainal Arifin Lubis


Banda Aceh | Masjid Oman Al-Makmur

Pengurus BKM Oman Almakmur menyerahkan Piagam Penghargaan kepada H. Zainal Arifin Lubis yang akan segera meninggalkan Banda Aceh menuju Jakarta dalam rangka alih tugas sebagai Kepala Kantor Cabang Bank Indonesia Banda Aceh menjadi salah seorang pejabat di Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta. Acara tersebut berlangsung dengan khidmat di hadapan mimbar Masjid Oman Almakmur selesai jamaah shalat maghrib hingga masuk waktu shalat Isya pada hari Ahad malam tanggal 27 September 2020 bertepatan dengan tanggal 9 Safar 1442 H.

Ketua Dewan Pengurus BKM Oman Almakmur dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa H. Zainal Arifin Lubis adalah jamaah tetap Masjid Oman selain sebagai salah seorang anggota Dewan Pembina BKM Oman Almakmur dan juga akan selalu menjadi duta Masjid Oman Almakmur dimanapun beliau bertugas. Selama beliau bertugas di Banda Aceh beliau sangat konsisten dalam membina dan mendorong bangkitnya perekonomian masyarakat dalam berbagai sektor supaya masyarakat Aceh segera bangkit dari lembah kemiskinan dan keterpurukan perekonomiannya. Karena ini pada tahun 2019 Bank Indonesia telah menggelontorkan bantuan hibbah dalam bentuk natura (barang, perkakas) untuk menunjang usaha Koperasi Al Hilal Masjid Oman Al Makmur, sebagai berikut :

No Bidang Usaha dan Pelayanan Bentuk Bantuan Harga
1 Usaha Hotel Al Hilal Satu Unit Genset, Mesin Cuci, dll. Rp. 449.000.000,00
2 BMT Al Hilal Sarana dan Prasarana Kantor Rp. 100.000.000,00
3 Perpustakaan Dua rak buku dan 400 exp. buku Rp. 32.000.000.00
4 Lomba Pidato Online RM se Nusantara

Hadiah untuk Pemenang Rp. 10.000.000.00
5 Sarana Transportasi Satu Unit Mobil Ford Everest Bekas Rp.

Bapak H. Zainal Arifin Lubis pada kesempatan tersebut kembali mengulang taushiyahnya yang sudah sering disampaikan dalam setiap pertemuan dengan pengurus BKM Oman Almakmur termasuk pertemuan yang diselenggarakan di kantor Bank Indonesia Banda Aceh dalam rangka membicarakan langkah dan kiat perbaikan ekonomi masyarakat dengan pemuka masyarakat dari berbagai kalangan. Beliau selalu menekankan pentingnya kekompakan tokoh-tokoh panutan masyarakat baik yang berkecimpung dalam kegiatan sosial kemasyarakatan maupun lembaga pendidikan formal dan non formal, berbeda pendapatan tidak seharusnya menjadi pemicu perbedaan pendapat karena setiap orang sudah ditentukan pendapatannya oleh Allah SWT sesuai ikhtiarnya masing-masing. Apabila pemuka masyarakat tidak kompak dan banyak menghabiskan waktu untuk memaksakan pendapatnya dalam bidang tertentu agar diamini oleh orang lain kapan berpikir untuk kemakmuran masyarakat sekelilingnya. Kita harus segera kembali menciptakan kondisi yang rukun dan bersatu dan selalu mengikuti dan mengamalkan sifat-sifat yang diwariskan Nabi kita yaitu :

  • Shidiq (Jujur), Jujur kepada diri sendiri juga kepada orang lain. Sifat jujur akan melahirkan sifat keyakinan dan keberanian untuk menghadapi ujian, apapun bentuknya.;
  • Amanah. Sifat amanah mendorong seseorang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Keberadaan sifat ini akan membangun kekuatan diri dan memperbaiki kualitas hubungan sosial.;
  • Tablig (Komunikatif), Seorang pebisnis harus menjadi marketing yang hebat, juga harus menjadi seorang pembicara yang unggul
  • Fathonah (Cerdik) Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Lalu muncul kreativitas, ide dan wawasan. Pada akhirnya, produk atau jasa yang dikeluarkan pun akan menjadi produk unggulan dan sempuna. Karena produk yang dihasilkan unggulan, pelanggan pun senang dan menaruh kepercayaan (trust).
  • Aceh memiliki potensi keekonomian yang memadai dalam berbagai sektor, seharusnya Aceh lebih maju dalam perekonomian ketimbang daerah-daerah lain yang sumber alamnya sangat terbatas, karena itu kita harus selalu introspeksi dimana letak kesalahannya dan harus siap dan berani untuk memperbaikinya secara sehat. Beliau menitip harapan agar masjid pada umumnya dan Masjid Oman Almakmur pada khususnya akan tampil sebagai pelopor penggerak ekonomi kemasyarakatan di lingkungannya dan lingkungan para jamaah setia Masjid Oman Almakmur.