Remaja Masjid Almakmur Gelar Pidato Online

BANDA ACEH, 11/05/20– Remaja Masjid Al Makmur yang tergabung dalam Aneuk Muda Masjid Oman Almakmur (Ammar) Lampriek Banda Aceh manyambut Bulan Suci Ramadhan dengan membuat sebuah terobosan baru di tengah ketatnya pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Terobosan itu merupakan Lomba Pidato Online, dengan Tema Ramadhan di Tengah Corona. Meskipun demikian, event langka ini semula diprediksi hanya diikuti hanya puluhan orang itu, ternyata pesertanya membludak mencapai 143 orang.

Ketua Remaja Masjid Al Makmur, Mardani SH, kepada acehherald.com mengatakan, pilihan lomba pidato secara online itu, karena saat ini masih berlaku larangan berkumpul serta physical distancing. Sementara kreatifitas serta syiar Ramadhan harus terus digelorakan. “Atas dasar itu, sesuai petunjuk dari pihak Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Makmur, maka diadakan lomba pidato secara online tersebut. Dan ternyata peminatnya luar biasa,” ujar Mardani.

Kegiatan yang dihelat melalui Ammar Present itu menyediakan hadiah uang tunai kepada juara 1,2 dan 3 putra puti. Selain itu juga juara favorit. Khusus juara favorit ditentukan itu juga oleh banyaknya ‘like’ yang didapat oleh peserta.

Para peserta diminta mengupload pidato singkat maksimal 7 menit melalui Instagram masing masing . Pidato itu akan dinilai oleh tim juri yang diketuia oleh Ustadz Fakhruddin Lahmuddin yang juga seorang penceramah kondang di Aceh. Selain itu juga ada juri anggota, antara lain Ustadz Safaruddin, dan Ustadz M Yasir Yusuf. “Sejogyanya, pengumuman dijadwalkan pada Minggu (10/05/2020), namun karena peserta yang di luar prediksi, maka diundur hingga Rabu (13/05/2020) lusa,” ujar Mardani.

Dari daftar yang masuk, para peserta itu berasal dari 19 provinsi di Indonesia, mulai dai peserta lokal di Aceh, hingga peserta provinsi se-Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. “Kami tak menyangka begitu antusiasnya peserta. Hingga pengurus BKM secara berseluroh mengungkapkan, masjid Almakmur yang milik gampong tapi bernuansa nasional,” ujar Mardani.

Dalam kesempatan ini ketua BKM juga menjelaskan “kali ini Remaja Mesjid Almakmur harus lebih maju, dan harus banyak aktivitas termasuk dengan mengadakan lomba pidato walau kita harus menghadapi Covid 19 anak anak Remaja kreatif dengan menggunakan metode Online” kata DR. Tgk. H.M. Jamil Ibrahim, SH, MH, MM selaku ketua BKM Mejid Oman Almakmur. “Kami percaya, dengan berbagai macam program yang dibuat oleh Remaja Mesjid dapat memberikan motivasi Ibadah bagi pemuda-pemudi di Aceh khususnya dan Nasional pada umumnya”, tutupnya.