SEKILAS INFO
  • 10 bulan yang lalu / Website Masjid Oman Al-Makmur Kini Tampil dengan Wajah Baru
WAKTU :

BAGI-BAGI TAKJIL DI TENGAH PANDEMI ALA MASJID OMAN

Terbit 20 Agustus 2021 | Oleh : abuabdurrahman | Kategori : Berita
BAGI-BAGI TAKJIL DI TENGAH PANDEMI ALA MASJID OMAN

Banda Aceh | Masjid Oman Al-Makmur

“Biar lebur binasa, selangkah berpantang surut”

Mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan semangat para pengurus BKM dan Remaja Masjid Oman Al-Makmur Kota Banda Aceh dalam upaya terus melayani para jama’ah di setiap momentum yang ada. Peribahasa yang memiliki arti Tidak mau menyerah, maju terus pantang mundur ini layak disandarkan karena meskipun masih dilanda pandemi, pihak Masjid Oman Al-Makmur tetap ingin memberikan suguhan yang terbaik bagi para jama’ah yang senantiasa dekat hatinya dengan masjid ini, yakni diantaranya dengan kegiatan Bagi – Bagi Takjil yang dilakukan oleh pihak masjid pada hari Kamis kemarin (19/08/21).

Persiapan paket takjil

Kegiatan Bagi – Bagi Takjil yang mengambil tempat di pelataran utara Masjid Oman ini diprakarsai oleh para remaja masjid (AMMAR) yang mendapat dukungan penuh dari para pengurus BKM. Kegiatan ini terasa seperti oase di tengah gurun padang pasir dimana para jama’ah yang sudah sangat rindu dan menginginkan kondisi pandemi ini bisa segera pulih agar dapat melakukan aktivitas ibadah secara normal, dapat sedikit terobati dengan adanya program ini.

Petugas membagikan takjil gratis

Betapa tidak, sebelum pandemi menerpa negeri ini di awal tahun 2020 yang lalu, para jama’ah senantiasa rutin dapat berbuka bersama, puasa Senin dan Kamis di pelataran masjid ini dengan hidangan takjil yang sederhana dan beragam. Namun, saat wabah COVID-19 melanda, pemerintah mulai membatasi berbagai kegiatan yang berpotensi akan terjadinya kerumunan untuk menghindari penyebaran wabah yang lebih besar, termasuk diantaranya larangan melakukan kegiatan buka puasa bersama. Semua kegiatan dianjurkan untuk dilakukan di rumah.

Oleh sebab itu, pihak masjid pantang berputus asa dan melakukan terobosan yang lain guna menyiapkan bukaan, yaitu dengan menyediakan paket takjil gratis dengan sistem take away kepada para jama’ah yang berpuasa sunnah kamis yang juga kebetulan berbarengan dengan puasa hari Asyura (10 Muharram 1443 H).

Jama’ah sedang bersiap berbuka puasa

Adapun mekanisme pembagian diatur sedemikian rupa sehingga tetap memenuhi standar protokol kesehatan COVID-19 terutama tidak terjadi kerumunan dalam proses pengambilan takjil oleh para jama’ah. Adapun sumber penyediaan takjil ini sebenarnya berasal dari jama’ah untuk jama’ah dimana pihak masjid hanya menjadi fasilitator yang mewujudkan program ini dengan menyediakan rekening penyaluran infaq bagi para dermawan yang memiliki kemudahan rezeki untuk membantu menyumbangkan harta terbaiknya bagi penyediaan takjil ini.

Ustadz Akbar, selaku penanggungjawab kegiatan, mengatakan bahwa antusiasme dari para jama’ah untuk kegiatan ini sangat tinggi, baik dari segi penyumbang maupun partisipan yang ikut mengambil takjil ini, sehingga para relawan AMMAR juga menjadi sangat disibukkan karenanya.

Kesibukan panitia berkoordinasi

“Penggalangan dana untuk kegiatan ini sudah dilakukan sejak pagi dan Alhamdulillah berhasil terkumpul dana sejumlah Rp 5.470.000 yang tentunya akan terus bertambah hingga beberapa jam menjelang berbuka, sehingga kami yang awalnya hanya menargetkan 100 paket takjil akhirnya menambahkan 100 paket lagi untuk dibagikan kepada jama’ah”, katanya.

Paket takjil ini sendiri terdiri dari nasi, bubur kanji, jus, kurma, dan makanan ringan lainnya yang dibagikan oleh para pengurus AMMAR hingga menjelang magrib tiba. Berminat? Mari merapat. Tonton videonya :

SebelumnyaDelegasi AMMAR Hadiri Kampanye Duta Milenial Kosmetik Aman SesudahnyaIMAM MUDA MASJID OMAN SEMPURNAKAN SEPARUH AGAMA

Berita Lainnya

0 Komentar