SEKILAS INFO
  • 10 bulan yang lalu / Website Masjid Oman Al-Makmur Kini Tampil dengan Wajah Baru
WAKTU :

Warga Bandar Baru Laksanakan Qurban Di Hari Raya Kedua

Terbit 23 Juli 2021 | Oleh : abuabdurrahman | Kategori : Berita
Warga Bandar Baru Laksanakan Qurban Di Hari Raya Kedua

Masjid Oman Al-Makmur | Banda Aceh

Warga Desa Bandar Baru Lampriet beberapa waktu yang lalu, tepatnya Rabu, 21/07/21, melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebagai rutinitas yang dilakukan dalam Hari Raya Idul Adha 1442 H. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Oman Al Makmur ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan melibatkan sejumlah panitia qurban yang merupakan gabungan dari aparatur gampong beserta para pemuda, remaja dan masyarakat sekitar yang juga turut membantu menyukseskan kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini.

Bandar Baru menyaksikan prosesi qurban

Dalam pelaksanaan qurban kali ini, disembelih sebanyak 13 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang berasal dari Sahibul Qurban baik itu warga Desa Bandar Baru maupun jamaah masjid Oman Al Makmur secara umum. Hewan qurban tersebut disembelih langsung oleh Imam Gampong, Ustadz Yusbi Yusuf, diiringi dengan takbir oleh warga yang menyaksikan prosesi tersebut. Penyembelihan selesai sekitar pukul 10.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan pembersihan dan pemotongan bagian daging yang akan dibagikan kepada mustahiq qurban nantinya.

Warga antusias terlibat dalam prosesi qurban

Pembagian kepada mustahik qurban baru dilakukan pada pukul 14.00 WIB setelah semua daging-daging tersebut terbungkus dengan rapi. Jumlah tumpuk yang dibagikan ada sekitar 300 bungkus daging yang diserahkan panitia secara teratur kepada para mustahik qurban yang telah diberikan kupon sebelumnya oleh panitia sebelum hari penyembelihan tiba. Pembagian dilakukan secara tertib dengan diawasi oleh petugas keamanan masjid agar tidak terjadi kerumunan di sekitar tempat pembagian tersebut.

Sejumlah hewan qurban yang sudah selesai disembelih

Ustadz Irwan Faisal selaku ketua panitia menjelaskan bahwa dalam qurban kali ini masyarakat masih sangat antusias dalam berqurban meskipun masih dilanda oleh pandemi COVID-19 dimana ekonomi masyarakat sedikit tertekan, hal ini tampak dari jumlah hewan qurban yang tidak jauh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Di hari H juga masyarakat beramai-ramai menyaksikan prosesi qurban sebagai bentuk syiar Hari Raya Idul Adha 1442 H ini.

Sementara itu, Ustadz Jamil Ibrahim, ketua BKM Oman Al Makmur tempat qurban dilaksanakan menyampaikan rasa bahagia dan syukur atas pelaksanaan qurban kali ini karena walaupun masih dalam kondisi pandemi, tidak mengurangi spirit dan makna qurban yang bisa kita dapatkan bahkan nilai-nilai pengorbanan itu semakin terasa dalam kondisi sulit seperti ini. Ustadz Jamil juga menyampaikan terima kasih kepada para panitia dan masyarakat termasuk remaja masjid yang telah turut andil membantu menyukseskan hajatan yang suci ini. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun- tahun berikutnya.

Pemotongan bagian daging

Adapun agenda pembagian daging selesai dilakukan tepat saat waktu shalat Ashar tiba, dimana semua daging sudah habis terbagi dan panitia pun sudah mulai membereskan dan membersihkan area penyembelihan dan pembagian daging sehingga kenyamanan di masjid tetap terjaga. Seluruh aktivitas penyembelihan dan pembagian daging dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Panitia secara profesional melakukan manajemen qurban

Dengan selesainya kegiatan berqurban ini maka selesai pula rentetan ibadah di hari raya Idul Adha 1442 H kali ini, dimana sebelumnya pada hari Selasa (20/07/21), warga gampong Bandar Baru juga telah mengawali perayaan hari raya ini dengan pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dilaksanakan di Masjid Oman Al Makmur dengan imam oleh Ustadz Iqbal Hasan S.HI dan yang bertindak sebagai khatib adalah Ustadz Imam Syarifuddin. Pelaksanaan shalat Id dimulai pada pukul 07.30 WIB.

SebelumnyaUstadz Imam Abu Abdillah Khatib Hari Raya Haji di Masjid Oman Al-Makmur Sesudahnya12 Relawan Multimedia akan Perkuat Tim Hubmas TI Masjid Oman

Berita Lainnya

0 Komentar