SEKILAS INFO
  • 4 bulan yang lalu / Website Masjid Oman Al-Makmur Kini Tampil dengan Wajah Baru
WAKTU :

MASJID OMAN GELAR SHALAT KHUSUF

Terbit 27 May 2021 | Oleh : abuabdurrahman | Kategori : Berita
MASJID OMAN GELAR SHALAT KHUSUF

Masjid Oman Al Makmur | Banda Aceh

Pengurus BKM Oman Al Makmur menggelar pelaksanaan Shalat Khusuf pada hari Rabu malam (26/5/2021). Ibadah yang dilakukan ini dikarenakan fenomena gerhana bulan total yang kembali terjadi dan melintas di langit Aceh. Walaupun semalam dalam kondisi mendung dan gerhana tidak bisa disaksikan, Shalat Khusuf tetap dilaksanakan.

Ratusan jama’ah yang berasal dari berbagai tempat tampak antusias berhadir ke masjid untuk mengikuti shalat dan mendengarkan khutbah. Ibadah shalat yang dianjurkan ini (sunah muakkad) dilakukan hampir di semua daerah di Aceh. Di Banda Aceh, malam ini, beberapa masjid menggelar Shalat Khusuf secara berjamaah.

Pelaksanaannya dilakukan setelah Shalat Magrib berjamaah. Shalat Khusuf diimami oleh Tgk. H. Munawir Darwis, Lc. MA. Sedangkan yang bertindak sebagai Khatib, Dr. Tgk. H. Ajidar Madsyah Lc. MA.

Ratusan jamaah yang hadir membentuk sekitar 7 shaf laki-laki dan shaf perempuan. Shalat diikuti oleh lintas usia, anak-anak, remaja, hingga para orang tua.

Sebelum memulai shalat, Imam Tgk H Munawir Darwis, terlebih dulu mengingatkan jamaah tentang tata cara pelaksanaan shalat tersebut. “Shalat Khusuf sedikit berbeda dengan shalat biasa, karena ruku’ dua kali dan ada ayat yang dibacakan,” katanya.

Ia pun menjelaskan dalam waktu singkat dengan detail sembari melafalkan niat dalam Bahasa Arab dan juga dalam Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan shalat jamaah ini tetap mematuhi protokol kesehatan, di mana mayoritas jamaah mengenakan masker, walaupun ada beberapa jamaah juga terlihat tidak memakainya. Usai shalat dua rakaat dilanjutkan dengan khutbah yang disampaikan Dr Tgk H Ajidar Madsyah Lc MA.

SebelumnyaPERSIAPKAN DIRI UNTUK AKHIRAT KITA (Tgk. Ameer Hamzah) SesudahnyaJAMA'AH MASJID OMAN DONASIKAN Rp 153 JUTA UNTUK BANGSA PALESTINA

Berita Lainnya

0 Komentar